RSS

Twitteran…? Gimana sih caranya…? Cara bermain twitter mudah!

27 Sep

Huft, temen ku ada yang nyaranin agar aku mainan twitter(emang anak kecil yea mainan). Maksudnya berkomunikasi lewat twitter,katanya sih twitter lebih enak di banding facebook. Apa iya ya? Ku mencari info tentang twitter dan akhirnya aku bisa!
Nih, ku kasih tutorialnya.
Facebook
jadi hits karena
berhambur selebriti. Tapi
tahukah kamu sekarang
banyak artis yang sudah
pindah ke twitter. Karena
bila di fb meskipun
sesalep-salepnya seorang
artis kalau memakai fb
tetap aja jumlah
temannya ga bisa lebih
dari 4999 orang. Misalkan
dia bikin akun yang kedua
tetap aja teman yang ada
di akun pertama ngeadd
lagi. Jadi sadarlah bahwa
facebook sudah mulai
kurang efektif untuk
mereka. Kalau di twitter
sih sampai berjuta-juta
teman pun tidak masalah,
karena di twitter sistem
pertemanannya terbagi
dua, ada following dan
ada followers. Apa itu?
Nah disini saya coba
menerangkan sedikit apa
aja yang sudah saya
ketahui di twitter.
Oke kita mulai saja
dengan mengetahui apa
itu twitter. Twitter itu
secara singkatnya adalah
sebuah layanan
microblogging yang mana
kita bisa menulis teks
pembaharuan secara
singkat dengan karakter
terbatas. Persis seperti
sms tetapi kita bisa
mempublikasikannya baik
dilihat semua orang
ataupun kalangan
tertentu saja. Untuk bisa
ngetweet (sebutan untuk
kegiatan posting status)
tentunya kita harus bikin
akun dulu di twitter.com
mudah aja kok. Sama
seperti bikin facebook
atau yang lainnya. Apa?
Ga bisa bikin? Sudah
saatnya anda untuk
berhenti main internet.
Mendingan sana ke gurun
dan main ama unta😀 Pas
bikinnya isilah sesuai data
diri anda sebenarnya. Dan
untuk username nya
boleh aja pake nama
kreasi anda misalnya
“ udin_alay” atau
“putrimuaniess” atau
“siodongodong” dan
tentunya anda harus
menanggung sendiri
resikonya jika anda
dibilang anak alay karena
bikin nama aneh kayak
gituan =) Mending nama
yang biasa-biasa aja deh,
aneh dikit tak apa yang
penting mudah diingat.
Sudah bikin lalu apa lagi?
Tentunya kita mulai
dengan memposting
status kita di twitter.
Updatenya bisa saja
curhat colongan,
pertanyaan atau apa saja
yang menurut hati kamu
cocok untuk diposting
dan diseberluaskan.
Misalkan sederhananya
kamu menulis status
twitter kamu begini,
Ofecc: “Besok makan
gratis lagiii.. Ah
senangnya😀 ”
Atau Cuma sekedar
begini,
Hielmy: “baiklah, mari kita
kemana!!”
Gampang kan? Kalau
sudah bisa nulis-nulis
status tentu saja anda
harus nyari teman biar
rame. Atau buat kamu
yang pengen tau apa aja
tentang artis idolanya
kamu juga bisa nyari artis
dengan men-search nama
aslinya, rata-rata artis
banyak yang punya akun
twitter kok. Nah, untuk
system pertemanannya
terbagi dua. Following dan
follower. Following artinya
orang yang kita jadiin
teman dan follower
artinya orang yang jadiin
kita sebagai temannya.
Kita memfollow orang
belum tentu kita di follow
orang itu dan sebaliknya
orang memfollow kita kita
ga harus balik follow dia.
Setelah punya teman, kita
bisa mulai update status
kita. Dan untuk diketahui,
yang bisa baca status kita
adalah orang yang jadi
followers kita. Sementara
orang yang kita follow
mereka ga akan tahu-
menahu. Misalkan kamu
punya follower lima orang
jadi pas kita posting
status hanya lima orang
itulah yang bisa membaca
status. Dan misalkan kita
memfollow dua ratus
orang, mereka ga bakalan
baca status kita. Kalau
status mereka sih bisa aja
kita baca. Kan kita jadi
pengikutnya. Sudah mulai
ngerti? Oke kita lanjut …
Lalu bagaimana jika mau
menanggapi status orang
yang kita follow?
Misalnya kita baru login
lalu di halaman home kita
liat teman atau artis yang
posting dan kita bisa
menanggapinya dengan
menulis @namaorangnya
pada status kita. Contoh:
ada artis atau teman atau
apalah memposting status
begini,
hielmy: “baiklah, mari kita
kemana!!”
dan kamu yang merasa
fansnya si hielmy merasa
perlu memberi tanggapan
buat dia maka anda bisa
langsung klik reply di
tweetnya atau kamu bisa
saja menulis secara
manual dengan
menambahkan @hielmy
pada status kamu begini,
ofecc: “@hielmy kemana?
Ini udah larut malem.
Udah pada mau pulang
malah :)”
Nah, dengan begitu
berarti kamu sudah
merespon tweetnya si
hielmy tadi. Dan tweet
kamu dijamin nyampe dan
berdoa saja mudahan tu
artis mau respon balik.
Artis gitu loh, sekali
posting status bisa
langsung ditanggapi sama
ratusan bahkan ribuan
followersnya. Jadi jangan
heran bila tweet kita ga
dibales. Dan bersyukur lah
kalo sampai dibales
berarti kamu termasuk
orang yang beruntung =)
*lebay*
Hmmm… sudah mulai
ngerti nih. Lalu apalagi
coba cara-cara yang
lainnya?
Di twitter ada yang
namanya RT atau
ReTweet. RT ini sifatnya
untuk membagi atau
menshare status orang
lain yang kiranya kamu
rasa cocok atau perlu
dibagikan pada teman-
teman follower kamu. RT
ini bukannya untuk
ngebales tweet. Kalau
mau ngebales tweet
cukup dengan cara @
namaorangnya tadi. Jadi
misalkan ada teman yang
posting status begini,
jam_gadang: TENG TENG
TENG TENG TENG TENG
TENG TENG TENG TENG
Dan kamu merasa penting
untuk dibagikan keteman
lain maka pilihlah opsi RT
tadi. Maka di status kamu
akan tertulis begini,
Apa RT ga bisa diapa-
apain? Bisa aja kok. Bila
dirasa penting atau
cuman gatal mau
ngomentarin bisa saja
ditambahin sedikit
komentar didepan RT nya
jadi begini,
PERINGATAN! Jangan
terlalu sering melakukan
RT apalagi dengan niat
membalas tweet orang.
Soalnya entar akan
menuh-menuhin timeline
orang aja. Dan akibatnya
bisa saja kita diunfollow
massal sama follower-
follower kita. Ngerti
kan?🙂
Trus ada lagi istilah direct
message atau disingkat
DM, ini fungsinya kita bisa
mengirim pesan langsung
pada teman kita tanpa
ada jejak di status kita.
Jadi buat yang mau
rahasia-rahasiaan ama
teman twitternya bisa aja
saling ngirim message
lewat DM. Tapi untuk bisa
ngeDM kamu dan dia
harus saling memfollow,
kalau salah satunya aja ga
bisa. Mengirim DM bisa
dilakukan dengan cara
manual dengan cara
mengetik “d @
namaorangnya isipesan”
Trus bagaimana kalau
main twitter? Apakah
harus onlen si pc terus?
Standarnya memang
begitu. Tapi menurut
pengamatanku, jarang
banget yang ngetweet
lewat situs webnya
langsung. Biasanya
memakai jasa pihak ketiga
misalnya lewat ping.fm,
tweetdeck, seesmic dll.
Dan yang paling penting
tentu bagaimana kita bisa
mengaksesnya lewat
handphone. Karena
internetan lewat
handphone memang yang
paling praktis dan murah.
Tapi ada yang kurang
nyaman bila kita ngetweet
lewat web versi
mobilenya. Kurang
nyamannya itu adalah
fiturnya yang terbatas
banget antaranya untuk
bisa melihat status
terbaru kita harus
mereload halaman
webnya, ngecek @reply
nya juga harus secara
manual, ga bisa ngirim
DM, ga bisa liat follower
kita, dll. Tapi semua itu ga
masalah, kamu bisa
download aplikasi yang
bisa bikin twitter enak di
akses pakai hape. Nama
aplikasinya yaitu Snaptu. Atau bila males pake
aplikasi lain karena ribet,
bisa juga kamu mengakses
lewat hape kamu
m.tweete.net segala hal
yang mirip onlen di pc
bisa kamu dapatkan
disini.
Hmm… Ada info nya lagi
ga selain yang tadi?
Oh ya, kalau main twitter
hati-hati sama link-link
yang menjanjikan
penambahan follower
kita. Misalnya ada yang
menjanjikan follower
hingga 200 orang perhari,
ada juga yang ribuan dll
itu sama sekali jangan
dipercaya dan jangan
coba-coba klik link itu
apalagi sampai
memasukkan id dan
password kita disitu.
Memang follower kita
bakal nambah secara
nyata bila kita ikutan
disitu tapi awas! Twitter
kamu bakalan posting
status sendiri.
Postingannya aneh-aneh
dan menyebalkan. Dan
lebih menyebalkan lagi
follower kita kalau udah
beberapa hari malah ga
nambah lagi. Yang ada
hanya sampah-sampah di
twitter kita. Dan sialnya,
menghentikan tweet spam
itu susah banget. Biarpun
kita udah minta stop
untuk autotweet tapi
tetap aja dia ga mau tau.
Aku sudah membuktikan
dengan bikin akun twitter
boongan dan benar aja tu
akun ngetweet sendiri
sementara followernya
mentok di angka tertentu
aja.
Oww… gitu ya? Oke deh,
sudah agak ngerti
sekarang. Jadi, mau bikin
akun twitter dulu ahhh …

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 27 September 2010 in Info & Berita

 

Tag: , , ,

8 responses to “Twitteran…? Gimana sih caranya…? Cara bermain twitter mudah!

  1. ciezha thelamanya

    11 Januari 2014 at 15:10

    bingung ….

     
  2. teguh pertamax

    4 Januari 2012 at 23:51

    thank’s info nya.
    Lanjut gan

     
  3. andri masca

    30 Desember 2011 at 17:22

    thank ya

     
  4. JOVI KARUNIAWAN

    13 November 2011 at 14:11

    kayaknya aku kurang mudeng deh ada yang lebih singkat nggak tapi yang mudah dpahami oke sobat-sobatku(salam ASOLOLE)

     
    • lena widya

      17 Mei 2012 at 13:08

      bener

       
  5. renitarahayyu

    16 Oktober 2010 at 19:43

    Tapi tau gak situs client twitter yg khusus untuk RT an?
    Selain dabr.co.uk flusr, m.tweete?

     
  6. kodok21

    27 September 2010 at 19:12

    okey deh friend!

     
  7. agengindra

    27 September 2010 at 18:09

    kayaknya repost deh. Kunjungi balik ya!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: